The discovery of a New Species of Ancient Ghost Shark in California

Penemuan Spesies Baru Ghost Shark Purba di California
Oleh: Dewi GoBlue
Kategori: Berita Terbaru
Spesies baru tidak hanya ditemukan di daerah eksotis yang terpencil. Bahkan tempat-tempat seperti wilayah perkotaan California masih menghasilkan penemuan tanaman dan hewan baru. Akademi ilmuwan baru-baru ini menemukan spesies baru chimaera, hewan purba dan unik yang memiliki kedekatan dengan hiu, dari pantai Southern California dan Baja California, Meksiko.

Spesies baru, ghost shark hitam Pasifik Timur (Hydrolagus melanophasma), dipublikasikan di dalam jurnal internasional Zootaxa edisi September oleh tim riset Akademi Research Associates, David Ebert dan Douglas J. Long, Kelsey James, mahasiswa pascasarjana di Moss Landing Marine Laboratories, dan Dominique Didier dari Millersville University di Pennsylvania. Ini adalah spesies ikan bertulang rawan pertama dari perairan California sejak tahun 1947.

Chimaeras, disebut juga ratfish, rabbitfish, dan ghostsharks, mungkin adalah ikan tertua dan paling misterius yang masih hidup hingga saat ini. Saudara terdekat mereka ialah hiu, tetapi garis keturunan evolusinya bercabang dari hiu hampir 400 juta tahun yang lalu, dan mereka menjadi kelompok yang terisolasi sejak saat itu. Seperti hiu, chimaeras memiliki kerangka yang terdiri dari tulang rawan dan pejantannya memiliki claspers untuk melakukan fertilisasi internal kepada betinanya.

Tidak seperti hiu, chimaeras jantan memiliki kelengkapan seksual pada dahi, di depan sirip pelvis dan sepasang insang. Kebanyakan spesies juga memiliki duri berbisa di depan sirip dorsal. Chimaeras sangat beragam, seperti digambarkan oleh variasi yang sangat beragam dalam catatan fosil. Mereka bertahan hidup melaui periode dinosaurus dan kebanyakan tidak mengalami perubahan, tetapi penemuan kali ini relatif langka karena ikan ini biasanya terbatas pada perairan laut dalam.

Spesies baru ini termasuk dalam genus Hydrolagus, bahasa Latin untuk kelinci air karena gigi ikan ini mengingatkan kita pada gigi seri kelinci gigi. Informasi spesies baru ini awalnya dikumpulkan sejak pertengahan 1960-an, tapi tidak disebutkan namanya sampai tahun ini karena hubungan taksonomi yang tidak jelas. Sebagian besar Hydrolagus melanophasma (melanophasma dalam bahasa Latin berarti hantu hitam), ditemukan di kolom air pantai California Selatan, di sepanjang pantai barat Baja California, dan masuk ke Laut Cortez (Teluk California ). Spesies ini diidentifikasi dari total sembilan spesimen museum dan koleksi video yang diambil oleh kapal selam di Laut Cortez.

Eksplorasi baru di dunia lautan dalam dan peningkatan analisis taksonomi terhadap spesimen chimaera koleksi museum, telah menghasilkan ledakan jumlah spesies chimaera baru yang ditemukan di seluruh dunia dalam dekade terakhir, termasuk dua spesies dari Kepulauan Galapagos yang dinamai oleh Didier, Ebert, dan Long pada tahun 2006 yang pada awalnya dikumpulkan oleh Akademi ilmuwan John McCosker. Dengan kemajuan dalam penelitian dan penemuan, mungkin segala sesuatu tentang fosil hidup ini dan keberagamannya di lautan akan lebih diketahui.

Sumber : Science Daily, September 2009

Tags: california, Ghost Shark, Hiu, ikan purba, Spesies baru, Spesies Baru Dari Ghostshark (Hiu Hantu) Dari California
sumber

Iklan

About syaidatussalihahgamatika071

Nama: Syaidatussalihah Alamat Asal: Tebaban Kec. Suralaga Institusi: UNRAM Jurusan : MIPA Nim:G1D011036 Tahun Akademik: 2011/2012

Posted on Juni 8, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: